Sambut Ramadan dan Ujian Sekolah, SMP Al Muslim Sidoarjo Gelar Doa Bersama secara Virtual

Klik9.com – Menyambut bulan suci Ramadan, sekaligus menghadapi ujian sekolah kelas IX, seluruh siswa-siswi kelas IX SMP Al Muslim Sidoarjo diajak melakukan doa bersama secara virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu (3/4/2021). Kegiatan motivasi ini juga diikuti oleh orang tua/wali murid.

“Dengan diadakannya kegiatan ini harapannya anak-anak kami semakin termotivasi dalam belajar,” ujar Kepala SMP Al Muslim Ustadzah Ika Sriyaningsih SPd.

Kegiatan juga diisi tausiyah dengan menghadirkan narasumber Dr H Muhammad Sukron Djazilan SAg MPd.I mengusung tema, Sambut Ramadan 1442 H dan Keistimewaan sebuah Doa. 

Ustadz Djazilan menyampaikan, untuk menyambut bulan Ramadan, maka kita harus menyiapkan dan membersihkan diri.

“Lihatlah sesuatu secara positif dan optimis. Allah akan menempatkan sesuai dengan pandangan kita, jika pandangan kita positif dan optimis maka hasilnya akan positif. Namun jika pandangan kita negatif maka yang terjadi adalah sesuatu yang negatif pula,” terangnya.

Baca Juga  Ratusan Siswa SMP Al Muslim Berikan Doa Untuk Almarhum Cak Nur

Kemudian, Orang tua harus selalu mendoakan anak. Doa yakni permohonan kepada Allah SWT atas segala sesuatu yang diinginkan. Setiap manusia yang hidup akan dihadapkan dua cobaan, yakni diuji dengan sejelek jeleknya dan diuji dengan sebaik-baiknya. 

“Manusia diuji dengan sejelek-jeleknya misalnya sakit, rugi dalam dagang, dan lainnya. Sedangkan manusia akan diuji dengan sebaik-baiknya, misalnya seperti keuntungan dalam dagang, naik jabatan, dan lainnya,” timpal Ustadz Djazilan.

Sikap kita, masih Ustadz Djazilan, ketika diuji dalam keadaan jelek, maka kita harus banyak bersabar, sedangkan, jika diuji dengan keadaan sebaik-baiknya, maka jika harus banyak bersyukur. 

Baca Juga  KB-TK Al Muslim Rayakan HUT Kemerdekaan ke-75 RI

Ustadz Djazilan juga menyampaikan, bahwa doa adalah panggilan, permintaan dan permohonan. Berdoa berarti memohon segala sesuatu yang diinginkan. Etika dalam berdoa adalah mengawali dan mengakhiri dengan sholawat dan pujian kepada Allah SWT. 

“Berdoa dilakukan dalam keadaan khusus, seperti sujud, ketika waktu hujan dan lainnya. Berdoa menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sedangkan kalau salat harus menggunakan bahasa Arab. Berdoa harus penuh sikap optimis. Doa dibaca dengan jelas, perlahan, dan diulang-ulang,” tuturnya. 

Fungsi doa adalah sebagai ibadah; doa sebagai sarana ekspresi; pengalaman kognisi dari perasaan gelisihan, suntuk dan lainnya; doa sebagai alat komunikasi dengan Allah SWT; doa sebagai sarana pengobatan dan penyembuhan; doa sebagai pembinaan; dan doa sebagai pencegahan.

Baca Juga  Sambut Hari Autis, Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya dan JCI Gelar Webinar Kurikulum Bagi Anak dengan ASD

Masih Ustadz Djazilan, tanda terkabulnya doa, di antaranya bertambahnya perasaan takut kepada Allah SWT, bertambahnya semangat beribadah, bertambahnya syukur kepada Allah, dan jiwa terasa tentram. 

“Rencana Allah itu pasti spektakuler. Tanda-tanda iman manusia kuat adalah hidupnya sabar dan bertawakal,” imbuhnya. 

Kegiatan ditutup dengan doa bersama yang berlangsung khusyu’, agar semua siswa dalam menghadapi ujian sekolah, nantinya diberikan kesehatan, kemudahan dalam belajar untuk meraih hasil yang optimal. 

Selain itu, juga mampu meraih sukses pada jenjang pendidikan berikutnya, menjadi pribadi yang bermanfaat, serta berakhlak mulia, amin. (ads/han)

 19 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *