Hari Gizi Nasional, SMP Al Muslim Sidoarjo Gelar Webinar Remaja Sehat Bebas Anemia

SIDOARJO, Klik9.com | Remaja menurut WHO (World Health Organization) adalah individu berusia 10-19 tahun. Sebuah masa yang identik dengan aneka perubahan, baik secara fisik, psikis maupun sosial.

Masa remaja dianggap sebagai masa yang paling sehat secara fisik, sehingga tidak mengherankan apabila populasi remaja itu paling sedikit yang datang ke fasilitas kesehatan. Padahal, remaja ini paling ‘rawan’ secara psikologis dan sosial, dapat memberi dampak pada kesehatan fisiknya.

Berdasarkan Riskesdas 2018, prevalensi anemia pada remaja sebesar 32 persen, artinya 3-4 dari 10 remaja menderita anemia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktivitas fisik.

Berangkat dari kondisi tersebut, OSIS SMP Al Muslim dalam program training remaja, memanfaatkan momentum peringatan Hari Gizi Nasional ke-61 dengan menggelar webinar Training Remaja dan Peringatan Hari Gizi, Senin (8/3/2021).

Baca Juga  SD Al Muslim Ajak Seluruh Siswanya untuk Menanam Sayuran di Rumah

Mengambil tema “Remaja Sehat Bebas Anemia”, webinar ini diikuti 270-an peserta dari seluruh siswa siswi dan para ustadz/ah SMP Al Muslim.

Tema tersebut sangat cocok dan kontekstual dengan kondisi saat ini, dimana remaja dalam hal ini siswa-siswi dalam pertumbuhan mengalami fase-fase perkembangan yang tidak bisa dianggap remeh. Tidak terkecuali pola makan yang sehat. 

Remaja saat ini cenderung memilih dan menyukai makanan yang kurang memenuhi gizi seimbang. Padahal kebutuhan gizi harus terpenuhi dengan baik.

Apabila asupan gizi tidak terpenuhi dapat berakibat munculnya berbagai permasalahan kesehatan. Termasuk anemia juga bisa diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur sehingga menyebabkan gizi yang tidak seimbang.

Selain itu, kekurangan zat gizi mikro (karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin) yang seringkali tidak terlihat langsung tetapi mempunyai dampak besar.

Baca Juga  Hari Cuci Tangan Sedunia, KB-TK Al Muslim Ingatkan Pentingnya Cuci Tangan Lawan Covid-19

Apalagi kondisi pandemi saat ini intensitas aktivitas fisik siswa-siswi berkurang dibanding sebelum pandemi. Mereka aktif beraktivitas dalam pembelajaran tatap muka harus menyesuaikan diri dengan kondisi pembelajaran daring.

Hasilnya, kondisi satu anak dengan lainnya tentu berbeda. Oleh karena itu, penting memiliki wawasan dan kesadaran yang tinggi tentang pentingnya menjaga asupan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh terutama porsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak seyogyanya berlebih namun berbanding lurus dengan aktivitas yang dilakukan.

Dan di webinar ini menjadi salah satu solusi untuk membekali siswa siswi mengatasi permasalahan gizi remaja agar terhindar dari penyakit anemia dan lainnya.

Untuk itu dihadirkan narasumber yang kompeten di bidang ini adalah Bapak Mahmud Aditya Rifqi, S.Gz.M,Si. Beliau adalah seorang dosen dan Kepala Laboratorium Gizi Departemen Gizi Kesehatan FKM Unair.

Acara ini sangat menarik karena dipandu oleh pemateri yang sangat berkompeten di bidangnya. Sehingga siswa-siswi akan memperoleh wawasan dan ilmu yang bermanfaat. 

Baca Juga  Peduli Pandemi, Yayasan Al Muslim Sidoarjo Bagikan Paket Sembako kepada Dhuafa dan Anak Yatim

Dengan dihadirkannya pakar gizi dalam acara ini menjadi suplemen yang sangat bagus bagi siswa siswi untuk memperkaya wawasan tentang pola makan sehat dan bergizi sehingga terhindar dari penyakit anemia dan keren nya lagi ada door prize nya begitu ungkapan Manda dan Nabila siswa kelas VIII. 

Terselenggaranya kegiatan ini merupakan wujud follow up setelah kami melakukan survei tingkat aktivitas dan sedentari pada anak-anak. Kami coba memberikan kuisioner berupa apa saja yang dikonsumsi anak-anak di rumah selama dan kegiatan fisik apa saja yang mereka lakukan,” jelas Ika Sriyaningsih. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *