Sel. Apr 30th, 2024

Wisatawan Luar Kota Kunjungi Adventure Land Romokalisari

Wisatawan Adventure Land Romokalisari
WISATAWAN LUAR KOTA: Pengunjung Adventure Land Romokalisari memanfaatkan wahana ATV. (KS/DISKOMINFO)

SURABAYA (KS) – Adventure Land Romokalisari Surabaya menjadi pilihan berwisata selama libur lebaran. Pada momentum libur lebaran, kawasan wisata ini terus menarik minat para pelancong. Tak hanya warga Surabaya, warga luar kota pun juga tertarik mengunjungi Adventure Land Romokalisari. Alhasil, pedagang di kawasan tersebut dapat meraup omzet hingga Rp5 juta per hari.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, memasuki libur lebaran, pengunjung terus memadati Adventure Land Romokalisari. Sejak, tanggal 11- 13 April ratusan wisatawan terus mengunjungi Adventure Land Romokalisari.

“Adventure Land saat puasa pengunjungnya agak sepi, begitu memasuki lebaran cukup ramai. Sejak tiga hari ini kemarin saja (11-13 April) sudah mencapai sekitar 800 pengunjung. Per hari ini data masih bergerak, hari ini hingga besok pasti masih ramai karena besok juga masih libur,” kata Antiek, Minggu (14/4/2024).

Baca Juga  Rektor Unesa Berikan Tanggapan Terkait Dinamika Pemilu

Antiek menjelaskan bahwa tidak sedikit warga luar Surabaya yang berwisata di Adventure Land Romokalisari. “Justru di Romokalisari sebagian besar dan mayoritas memang dari luar Surabaya. Hari biasa pun banyak dari luar Surabaya, seperti Gresik dan sekitarnya,” jelas dia.

Pada momentum lebaran kali ini, wahana yang masih menjadi favorit pengunjung adalah naik perahu, ATV, dan kano. Meski demikian, area mini zoo juga dipadati oleh pengunjung. Sebab, sejak memasuki Bulan Ramadan, DKPP Surabaya tenga berbenah serta menyiapkan antisipasi kunjungan bagi para wisatawan. 

“Di mini zoo kita benahi dan kita tata. Lalu kandang kuda dalam masa perbaikan karena kemarin kebanjiran, kuda sedang kita amankan karena kandangnya masih dalam proses perbaikan. Jadi memang untuk wahana naik kuda tutup sementara selama liburan lebaran ini,” ujar dia.

Baca Juga  Wali Kota Eri Cahyadi Jenguk Korban Kecelakaan Wisata Kenjeran Park

Di samping itu, omzet para pelaku UMKM di Adventure Land Romokalisari terus melejit. Bahkan, dalam sehari, tiap tenant dapat meraup omzet Rp3-5 juta selama libur lebaran ini. Dimana, kawasan wisata besutan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini merupakan kegiatan pemberdayaan keluarga miskin (gamis) melalui program Padat Karya. 

“Paling tinggi, per stan bisa mencapai Rp3-5 juta. Justru yang masih menarik disana lebih banyak pengunjung datang untuk makan. Kuliner masih menjadi favorit, jadi mereka datang tidak dalam rangka untuk naik wahana tapi untuk makan sambil melihat mini zoo. Masakan dan harga memang tidak bisa diragukan,” ungkapnya. 

Baca Juga  Diskusi SMSI Lingkar Merdeka, Hadirnya LBH SMSI Dinilai Tepat di Era Digital

Antiek menambahkan bahwa terdapat perubahan kembali terhadap besaran tarif masuk yang ditetapkan di Adventure Land Romokalisari. Semula Rp10.000 per orang, karena Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerapkan retribusi tiket masuk kepada pengunjung Adventure Land Romokalisari  dengan besaran tarif Rp10.000 sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Surabaya No 7 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. 

Namun saat ini, besaran tarif masuk yang ditetapkan di Adventure Land Romokalisari turun menjadi Rp5.000 per orang. “Kemarin dari Perda itu, lalu di susuli hasil kajian dengan Perwali bahwa tiket masuk semula Rp10.000, kini menjadi Rp 5.000. Dengan demikian kami berharap semakin menarik minat pengunjung berwisata di Adventure Land Romokalisari,” pungkasnya. (*)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *