Ming. Apr 28th, 2024

Dinas Pendidikan Gresik Larang Sepeda Listrik di Sekolah

Sepeda Listrik Sekolah Gresik
SEPEDA LISTRIK: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengunjungi sekolah SD – SMP. (Dok/Diskominfo)

Klik9.com – Jamaknya penggunaan sepeda listrik di berbagai kalangan termasuk di sekolah menjadi perhatian khusus Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik.

Hal ini tertuang dalam surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik terkait larangan penggunaan sepeda listrik bagi peserta didik pada tingkat SD dan SMP negeri maupun swasta di Kabupaten Gresik.

Surat edaran ini, diterbitkan setelah diadakannya rapat koordinasi yang diinisiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik.

Baca Juga  TPQ Syekh Maulana Terima Bantuan Perlengkapan Mengaji

Rapat koordinasi tersebut, diikuti oleh pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri, Pengurus MKKS SMP swasta, Pengurus Kelompok Kerja Sekolah (K3S) SD Negeri tingkat kabupaten dan kecamatan.

Hasilnya, dicapai kesepakatan bersama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik dengan seluruh peserta seperti yang tertuang dalam surat edaran bertanggal 15 Maret 2023 tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Hariyanto dalam keterangannya menjelaskan, hal yang melatarbelakangi instansinya mengeluarkan surat edaran ini adalah adanya masukan dan keresahan dari berbagai pihak terkait penggunaan sepeda listrik oleh peserta didik.

Baca Juga  PLN Tanam 20 Ribu Bakau Hasilkan 1000 Ton Oksigen Mangrove Gununganyar

“Ini dikuatkan juga dengan Permenhub No.45 tahun 2020 yang mengatur tentang penggunaan kendaraan yang berpenggerak motor listrik.”

“Dengan adanya Permenhub ini, masyarakat kemudian mendorong Dinas Pendidikan mengkaji penggunaan sepeda listrik bagi peserta didik,” ujarnya.

Hal ini, menurut Hariyanto juga merupakan langkah preventif bagi permasalahan dan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada peserta didik.

“Dari antisipasi ini, kita harapkan bersama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bagi peserta didik,” tegasnya.

Dalam surat edaran Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik tersebut, ada empat poin yang diatur. Diantaranya adalah larangan bagi peserta didik untuk membawa sepeda listrik untuk transportasi ke sekolah.

Baca Juga  Diduga Wanprestasi Panpel Turnamen Diadukan Askab Bojonegoro

Berikutnya, dijelaskan bahwa pihak sekolah berhak menyita sepeda listrik apabila peserta didik kedapatan membawa sepeda listrik ke sekolah.

Pihak sekolah juga akan memberikan teguran secara tertulis dan wali murid diharuskan menandatangani surat pernyataan agar peserta didik tidak melakukan pelanggaran lagi.

Langkah terakhir, bagi peserta didik yang melanggar sebanyak tiga kali, akan disarankan untuk pindah sekolah ke lokasi terdekat. (*)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *