[Iklan : RAJA SNACK & DAPUR CINTA]

MV Norwegian Jewel Sandar Perdana di Tanjung Perak Surabaya

MV Norwegian Jewel
KAPAL PESIAR: Para turis asing yang menumpang MV Norwegian Jewel saat tiba di Surabaya, Kamis (8/2/2024) siang. (Foto: KS/Humas)

SURABAYA (Klik9.com) – Kapal pesiar MV Norwegian Jewel berbendera Bahamas sandar di Terminal Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis (8/2/2024) siang 13.00 WIB.

Kapal tersebut singgah perdana dengan kapasitas 2.376 penumpang, LOA (Length Over All) 294.13 meter, juga GRT (Gross Tonnage) 93,502 ton.

Sementara MV Norwegian Jewel ini merupakan kapal ketiga dari deretan kapal pesiar yang sandar di 2024 dengan total hingga Desember sebanyak 14 slot. 

Kapal nan mewah itu menawarkan beberapa suite terbesar di laut, juga terdapat beberapa kabin yang mewah. Di mana dalam kabin lengkap fasilitas hiburan, pilihan tempat makan, bar dan klub malam yang meriah. 

Baca Juga  Auto Unika Mekanik Dukung Ajang Kontes Merpati Kupu-kupu Nusantara di Sidoarjo

Dhany Rachmad Agustian GM Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional 3 Jawa (Pelindo 3) mengungkapkan bahwa kapal pesiar membawa 2.358 penumpang dan 1.026 kru.

“Dalam proses debarkasi penumpang kapal pesiar tersebut, Pelindo Sub Regional Jawa menggunakan fasilitas Mobile Gangway.”

“Yang secara perdana di gunakan untuk melayani penumpang kapal pesiar guna mempermudah para penumpang turun menuju dermaga terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak”, ungkapnya.

Daya Tarik Wisata Surabaya

Menurut Dhany, Kota Surabaya memang menjadi salah satu kota favorit perjalanan kapal pesiar di seluruh dunia. Keragaman destinasi sejarah, kesenian, kuliner hingga pusat perbelanjaan menjadi salah satu faktor menarik pemberhentian turis mancanegara.

Baca Juga  Sepak Bola Jatim Seleksi Ulang PON XXI/2024 Aceh-Sumut

“Kapal Pesiar MV Norwegian Jewel ini baru pertama kalinya sandar di Surabaya tahun 2024. Sebelumnya kapal pesiar ini singgah di Pelabuhan Benoa Bali.”

“Selanjutnya akan meneruskan perjalanan kembali menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pukul 20.00 WIB (Kamis) malam nanti (8/2)”, tambah Dhany.

Ia juga menjelaskan, kedatangan kapal di pelabuhan Tanjung Perak hanya memakan waktu kurang lebih 7 jam saja. Dan satu-satunya kapal pesiar yang sandar di bulan Februari 2024.

Seperti biasanya, para penumpang MV Nowergian Jewel disambut dengan tarian khas Jawa Timur Reog Ponorogo.

Selain itu, juga dan diberikan suguhan beraneka macam makanan, minuman, batik, handicraft, souvenir khas Jawa Timur dari stand UMKM Pelindo 3 bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya. 

Baca Juga  Hasilkan Listrik 12 Megawatt, PLTSa Pertama di Indonesia Siap Beroperasi di Surabaya

Para turis mancanegara itu, juga berkesempatan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Surabaya hingga situs peninggalan Majapahit di Museum Trowulan Mojokerto.

Perjalanan menggunakan jasa transportasi bus maupun ojol yang bekerjasama dengan travel agent dan jasa transportasi taksi online. 

Informasi tambahan, sebelumnya telah sandar kapal MV Seven Seas Explorer berbendera Marshall Island. Kapal membawa 705 orang penumpang dan 540 kru awal Februari lalu (2/2).

Selanjutnya, setelah MV Norwegian Jewel, rencananya akan ada kapal pesiar MV Insignia berbendera Marshall Island yang terjadwal sandar pada 11 Maret nanti. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *