Sejumlah Destinasi Wisata Di Kota Keris Sumenep Mulai Dibuka Hari Ini

Klik9.Com, Sumenep – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep membuka destinasi wisata yang dijadwalkan pada H+1 Idul Fitri 1442 H, Kamis (13/5/2021) lalu, disambut positif para pelaku wisata di Sumenep.

Jauh-jauh hari, para pengelola wisata di Kota Keris ini melengkapi fasilitas destinasinya, dan berlomba-lomba mempercantik wahana agar menarik wisatawan. Selain itu, juga mempersiapkan kelengkapan protokol kesehatan.

Salah seorang pengelola wisata pantai, e-Kashogi Sumenep, Fadel menyampaikan bahwa sembari menunggu rekomendasi dari Satgas Covid-19 Sumenep, tempatnya telah dibuka.

“Silahkan para wisatawan mengunjungi lokasi wisata kita. Prokes Covid-19 sudah kita siapkan demi memberi rasa aman bagi pengunjung yang berekreasi di tempat wisata kami,” katanya.

Hal serupa disampaikan oleh Zuhudi, Pemilik Wisata Bukit Pasir di daerah Pantai Salopeng yang baru diresmikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan segalanya.

Baca Juga  Sidoarjo Berduka, Wabup Cak Nur Meninggal Dunia

Eantosa taretan sadheje e Wisata Bukit Pasir Slopeng untuk menikmati wahana-wahana baru kami seperti Berkuda, Sandboarding, ATV dan permainan air. Di sini kita juga sudah memperketat Prokes Covid-19,” ucapnya.

Menambahkan, Freddy, Pemilik Taman Tectona menuturkan bahwa melengkapi dan memperketat prokes Covid-19 adalah hal yang paling utama, kemudian mengatur jarak masuknya pengunjung, agar tidak melebihi 50% dari kapasitas tempat wisata, dilakukan agar tidak terjadi kerumunan.

“Silahkan datang, kami akan menjamin keamanan dan kenyaman para pengunjung wisata kami,” ujarnya.

Terpisah, menanggapi temuan Bupati Achmad Fauzi bahwa masih banyak destinasi wisata yang tidak memenuhi asesmen Prokes Covid-19, Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Madura, Anwar menyatakan bahwa hingga saat ini para pengelola wisata belum menerima hasil asesmen Satgas Covid-19 Sumenep.

Baca Juga  Fantastis! Privatan Gelora Muda Training Juara Prabu Bhayangkara Cup I di Bangkalan Madura

“Setelah kita konfirmasi ke para pengelola destinasi wisata di Sumenep, semua mengaku belum mendapatkan surat resmi terkait hasil asesmen dari tim Satgas Covid-19 Sumenep yang dilakukan beberapa hari sebelumnya,” terangnya.

Ia meyakini kalau mereka sudah sangat siap dengan prokesnya, bahkan GenPI sudah melakukan sosialisasi prokes ke para pengelola wisata di Sumenep.

“Mungkin yang dipersoalkan oleh Bupati Sumenep adalah tempat wisata plat merah, Pantai Salopeng dan Pantai Lombang, yang memang sampai saat ini tidak dibuka pemerintah daerah, karena pengelolanya memang dari Dinas Pariwisata Sumenep bukan swasta”, bebernya.

Baca Juga  Gandeng BUMN, Pelaku UMKM Gelar Pameran dengan Transaksi Cashless

Ditemui awak media, para pengelola wisata di Sumenep menyampaikan harapan kepada Bupati Achmad Fauzi, agar mengayomi para pelaku pariwisata.

“Tak bisa dipungkiri, sektor pariwisata ini, juga menggerakkan roda perekonomian daerah, lebih-lebih di saat Pandemi Covid-19 seperti sekarang, banyak UMKM di sekitar tempat wisata yang ikut terkerek omzetnya saat ramai pengunjung,” paparnya.

Pungkas para pengelola wisata dalam rapat koordinasi di Cafe Tabularasa, Sabtu (15/5), dengan dibukanya kembali destinasi wisata akan sangat membantu perekonomian UMKM yang sudah setahun lebih dalam kondisi memperihatinkan. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *