Ditempuh 3 Jam Perjalanan ke Kota Batu Makin Hemat Naik Moda Transportasi Umum

Kota Batu
KOTA BATU: Interior angkot warna merah tujuan Terminal Karang Ploso saat melintas di depan Pabrik Rokok Bentoel, Senin (26/10/2020) pagi. (BM/HARUN)

BATU (BM) – Bagi pembaca yang ingin bepergian ke Kota Batu dari Kota Surabaya menggunakan moda transportasi umum dengan biaya super irit, maka kita bisa mengikuti kilas balik perjalanan pewarta menuju salah satu destinasi wisata tersohor di Jawa Timur ini.

Perlu menjadi perhatian bahwa sangat dianjurkan untuk melakukan perjalanan wisata ini pada pagi hari, terutama pada sebelum jam-jam kerja.

Singkat cerita, kita ambil titik awal perjalanan dari Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo. Agar cepat, sebaiknya naik bus tujuan Malang di pintu keluar bus antar kota, tepatnya di sisi timur terminal yang berdekatan dengan Stasiun Kereta Api Waru. Di sini terdapat jembatan penyeberangan yang menghubungkan calon penumpang kereta api dan bus.

Baca Juga  Buka 2019 Menakjubkan Heha Sky View Tawarkan Wisata Kuliner di Ketinggian Gunung Kidul

Nah, kebetulan, Senin (26/10/2020) sekitar pukul 06.30 WIB, saya tiba di pintu keluar tersebut, dan senangnya ternyata sudah ditunggu Bus Kalisari tujuan Malang. Sebelum naik, dianjurkan bertanya ke kondektur bus tujuan bus dan tarifnya agar tidak tersesat.

Kali ini, saya naik bus tarif biasa namun dilengkapi AC. Selain itu, kondisi bus terbilang anyar gress. Tarifnya sekali jalan Surabaya ke Malang yakni Rp15 ribu. Di sini waktu tempuh perjalanan saya sekitar 2 jam untuk sampai di perempatan Pabrik Rokok Bentoel, tepat sekitar pukul 08.30.

Baca Juga  Disparta Kota Batu Dorong Pemulihan Ekonomi Melalui Kualitas SDM Pengelola Penginapan

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang jalan kembar ke sisi barat. Awas! hati-hati karena banyak kendaraan lalu lalang. Nah, di seberang, rezeki, ternyata saya sudah ditunggu angkot berwarna merah tujuan Terminal Karang Ploso, Kabupaten Malang. Perjalanan dilakukan sekitar 20 menit dengan tarif Rp5 ribu.

Lagi-lagi rezeki, tiba pukul 08.50 di Terminal Karang Ploso, saya sudah ditunggu angkot berwarna kuning tujuan Kota Batu. Subhanallah, saya rasakan relatif singkat perjalanan saya, beda tipis saat saya melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Sekitar pukul 09.20 saya sudah tiba di Alun-Alun Kota Batu, dan sama, tarif angkotnya Rp5 ribu.

Baca Juga  Pemkot Batu Tandatangani Komitmen Bersama Satu Data Indonesia

Total waktu tempuh perjalanan Surabaya ke Kota Batu dengan moda transportasi umum ini sekitar 3 jam. Hebatnya, saya hanya keluar uang Rp25 ribu. Namun, cukup membuat kepala saya sedikit pusing karena mabuk darat. Nah, waktu yang tepat buat cari sarapan dan minuman hangat mengingat waktu masih pagi.

Baiklah para pembaca, semoga catatan perjalanan saya ke Kota Batu ini bisa bermanfaat, khususnya bagi kalian yang ingin mencoba serunya perjalanan dengan angkutan umum. Selamat mencoba! (run)

 81 Views

1 thought on “Ditempuh 3 Jam Perjalanan ke Kota Batu Makin Hemat Naik Moda Transportasi Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *