Api Porprov VII/2022 Jatim Diambil dari Kawah Ijen Blue Fire Dini Hari Tadi

Klik9.com – Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 kian dekat. Sebagai rangkaian, Senin dini hari (20/6) tadi, KONI Jawa Timur melaksanakan pengambilan api porprov di Kawah Ijen Blue Fire, Bondowoso.

Ketua Panitia Besar (PB) Porprov VII Jatim Deddy Suhayadi menyampaikan, Kawah Ijen Blue Fire ini dipilih, karena satu-satunya sumber api yang berada di kawasan empat daerah tuan rumah porprov selain Situbondo, Lumajang dan Jember.

“Kemudian, Kawah Ijen ini merupakan khazanah, karena blue fire hanya ada dua di dunia ini. Satu di Islandia, dan satunya di Kawah Ijen ini,” ungkap Deddy saat ditemui di Bondowoso, Minggu (19/6) malam.

Baca Juga  Hari Pertama Panahan, Surabaya Pimpin Perolehan Medali dengan Tiga Emas

Selanjutnya, kata Deddy, tim pengambil api naik ke Kawah Ijen pukul 01.00 WIB menyesuaikan jam buka penanjakan. Kemudian, api diambil lalu dibawa turun pada subuh sekitar jam 04.00 WIB. Setelah itu, api dikirab memutari setiap kecamatan di Bondowoso pada pagi hari. “Sore hari sebelum jam 17.00 WIB api akan disemayamkan di Pendopo Kabupaten Bondowoso sehari,” kata Deddy.

Kemudian, esok harinya akan dikirab ulang dan dibawa ke Situbondo, seterusnya ke Lumajang dan berakhir di Jember. Pria yang juga Wakil Ketua Umum KONI Jatim itu menyampaikan, api porprov ini menjadi lambang semangat membara para atlet yang akan berjuang meraih prestasi.

Baca Juga  Ini UPP Perdana Cabor Menembak Porprov VII/2022 Jawa Timur

Blue fire kita ambil sebagai penyemangat kepada peserta Porprov VII sebanyak 12 ribu orang. Tak hanya kepada atlet, tapi penyemangat masyarakat untuk menyambut prestasi,” pungkasnya.

Karena itu, ia berharap Porprov VII ini akan menghasilkan prestasi terbaik dan banyak terjadi pemecahan rekor yang ditorehkan atlet-atlet muda Jatim. Selain prestasi, melalui porprov ini diharapkan mampu menggugah perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. (kon/har)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.