Masyarakat Bondowoso Antusias Saksikan Kirab Api Porprov

Klik9.com – Prosesi pengambilan api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII/2022 Jawa Timur dari puncak Taman Wisata Alam Kawah Ijen telah dilakukan. Arak-arakan kirab obor api mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Bondowoso. Cuaca yang sejuk membuat warga antusias dan memadati sepanjang jalan menuju Pendopo Bupati Bondowoso.

Pengambilan api Ijen dilakukan dini hari tadi (20/6/2022). Sebanyak 18 orang berangkat dari pintu masuk Taman Wisata Alam Kawah Ijen sekitar pukul 01.00 WIB. Tim yang gabungan dari Disparbudpora Bondowoso, KONI Jatim, KONI Bondowoso, serta perwakilan atlet dari Kota Tape naik ke puncak Ijen menuju bibir kawah untuk mengambil blue fire pada pukul 03.30 WIB. Selepas itu, mereka kembali turun dari puncak Ijen.

Baca Juga  Ditahan Kraton Putra FC Krian U-15, Bajol Ijo Unika U-15 Bertengger di Puncak Klasemen Grup A Festival Balongmasin

Rombongan yang dipimpin Amran Said Ali, panitia kirab api Porprov, lantas menyerahkan obor api kepada Ketua PB Porprov Deddy Suhayadi. Obor api kemudian diserahkan kepada Kadisparbudpora Bondowoso Mulyadi. Selanjutnya api dinyalakan ke mini caldron di mobil pembawa obor untuk di kirab.

“Blue Fire Kawah Ijen ini merupakan khazanah. Karena blue fire hanya ada dua di dunia ini. Satu di Islandia dan satunya di Kawah Ijen ini,” ungkap Deddy.

Kirab yang menempuh jarak sekitar 89KM ini melewati beberapa kecamatan. Setiap melewati kecamatan arak-arakan akan berhenti. Sepanjang perjalanan, tampak setiap kecamatan melakukan penyambutan terhadap api yang tengah dikirab. Terlihat anak sekolah dasar (SD) begitu antusias menyambut api obor Porprov VII yang melewati kawasan. Bendera Merah Putih terus dikibarkan saat rombongan kirab obor melintas.

Baca Juga  Nonton Bareng Tokoh Sepak Bola di Stadion, Direktur Unika Tatag Triwibowo: Pokoknya Siap Support Tim Surabaya!

Apalagi jingle Porprov berjudul “Laga” ciptaan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terus berkumandang sepanjang perjalanan. Belum lagi kehadiran maskot Si Ulung yang membuat anak-anak SD semakin terhibur.

Kirab api Porprov yang diarak mengelilingi Bumi Ki Ronggo akan diserahkan kepada Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat terlebih dahulu, sebelum nantinya diserahkan kepada Bupati KH. Salwa Arifin di pendapa. Keesokan harinya, api Porprov akan kembali di kirab menuju Situbondo.

“Besok pagi akan dilepas oleh Bupati Bondowoso untuk dikirab melewati beberapa kecamatan dan masuk ke Situbondo. Nanti akan ada prosesi serah terima di perbatasan Bondowoso ke Situbondo,” kata Deddy. (kon)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.