Khoirani: Api Porprov Penyulut Semangat Atlet Situbondo

Klik9.com – Kirab obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII/2022 Jawa Timur menuju ke Lumajang. Api yang diambil dari Kawah Ijen tersebut dilepas Pemerintah Kabupaten Situbondo, Rabu (22/6/2022). Obor api Porprov ini diharapkan memicu semangat tanding para atlet Situbondo.

Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj. Khoirani mengatakan kobar api obor dapat menyulut semangat tanding para atlet Kota Santri. Sebelumnya, obor api diinapkan semalam di Pendopo Kabupaten Situbondo. “Api porprov hari ini dilepas ke Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Ia menambahkan ada capaian lain yang dibidik, yakni dengan menggelar Gebyar UMKM pada gelaran porprov kali ini. “Sesuai tagline Porprov VII Jatim 2022, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses ekonomi. Untuk mencapai tujuan tersebut Pemerintah Daerah harus melibatkan para pelaku UMKM,” ungkap Khoirani.

Baca Juga  Rakernas Perpani, Juliana Waromi: Papua Siap menjadi Tuan Rumah PON XX 2021

Pada kesempatan yang sama, Ketua KONI Kabupaten Situbondo Deny Wahyu berterima kasih kepada pemerintah daerah yang sepenuh hati dan sekuat tenaga mendukung terselenggaranya Porprov kali ini sebagai tuan rumah. Multi event olahraga dua tahunan ini diharapkan menjadi momentum terbentuknya atlet menjadi motivasi bagi generasi muda Situbondo untuk terus memberikan prestasi terbaiknya di bidang olahraga.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, para ketua cabang olahraga, semua elemen masyarakat, demi suksesnya Porprov Jatim. Sukses tuan rumah, sukses prestasi, dan sukses ekonomi,” katanya.

Baca Juga  Pemain Muda deRossi Awali Debut Senior Liga Persebaya dengan Menawan

“Mari bersama-sama dukung Situbondo menjadi tuan rumah yang baik, yang bisa memberikan pelayanan bagi tamunya. Sesuai dengan jargon pemerintah daerah kita, yaitu mewujudkan Situbondo Berjaya, berakhlak, sejahtera, adil, dan berdaya,” tandasnya.

Untuk diketahui, Situbondo akan mengikuti 26 cabang olahraga dari 47 cabor yang dipertandingkan pada Porprov kali ini. Diantaranya adalah futsal, basket, badminton, balap sepeda gunung, voli indoor, senam, tenis lapangan, atletik, tarung derajat, sepak takraw, woodball, pencak silat, balap sepeda, angkat berat, voli pantai, petanque, hoki pantai (indoor/outdoor), anggar, bina raga, renang perairan terbuka, selam, catur, panahan, tenis meja, menembak, dan taekwondo.

Baca Juga  Mulai Jumat Ini, Warga Surabaya Bisa Curhat dengan Lurah, Camat dan Kepala PD

Sementara itu, obor api porprov dikirab ke masing-masing kecamatan wilayah barat, dan selanjutnya diserahkan ke Lumajang. Kirab ini singgah di setiap kecamatan yang dilalui, hingga ke wilayah barat, yaitu Kecamatan Banyuglugur, yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo.

Setelah diterima Panitia Daerah Lumajang, kirab obor melintasi wilayah Ranuyoso, kemudian menuju Kecamatan Gucialit. Rute berikutnya, yakni Kecamatan Senduro. Kemudian kirab diakhiri di Pendopo Arya Wiraraja. Kirab ini diikuti oleh beberapa komunitas motor lawas. Para penari juga akan diikutkan dalam barisan kirab. (kon)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.