Hari Pertama Panahan, Surabaya Pimpin Perolehan Medali dengan Tiga Emas

BONDOWOSO, Klik9.com – Cabor panahan Porprov VII/2022 Jatim telah menyelesaikan tujuh nomor pada hari pertama dipertandingkan, Minggu (26/6) di Stadion Magenda, Badean, Bondowoso. Ketujuh nomor itu, yakni sesi 1 putri, sesi 2 putri, sesi 1 putra, sesi 2 putra, total mix, beregu putri dan beregu putra.

Delegasi Teknis (TD) Cabor Panahan Zainuddin mengatakan, dari tujuh medali emas yang diperebutkan pada hari ini, belum ada kejutan maupun rekor. “Porprov sebelumnya kami belum pernah mencatat, sehingga panahan di Porprov VII ini baru memulai proses rekapitulasi,” katanya. 

Pria yang sekaligus Ketua Pengprov Perpani Jawa Timur ini mengungkapkan, bahwa untuk kekuatan di cabor panahan masih sama, belum ada kejutan dari daerah lain. Pasalnya, ia mengenal kekuatan para atlet porprov daerah mana yang bakal menjadi juara umum, seperti Surabaya maupun Kota Blitar. 

Baca Juga  Soroti Kinerja Wasit Juri, Sinsei Fanani Siap Pertahanan Juara Umum Karate Surabaya di Porprov VII/2022 Jatim

“Kekuatan cabor (panahan) yang mempunyai pelatih (mantan) atlet nasional punya kans dapat medali emas, karena mereka telah mempersiapkan lebih, seperti Blitar. Sedang Surabaya juara umum tahun kemarin, prestasinya bagus dan stabil, karena punya fasilitas latihan memadai,” tukas Zainuddin.

Sementara itu, Tim Panahan Kota Surabaya sukses menduduki klasemen sementara dengan meraih 3 medali emas dan 2 perunggu dalam pertandingan hari ini. Disusul Kabupaten Pasuruan dengan 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Berikutnya, Kota Blitar dengan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu. 

Pelatih Panahan Surabaya Huda Sarbianto menuturkan, kalau atlet Putri Karina berhasil menyumbang dua emas untuk sementara di nomor recurve perorangan. “Alhamdulillah, atlet kami berhasil menyabet 3 emas, dua emas didapat Putri Karina di sesi 1 dan sesi 2,” ujar Huda. 

Baca Juga  Di Dampingi Wali Kota Eri Cahyadi, Mensos Risma Pastikan Pahlawan Ekonomi Akan Jadi Percontohan Nasional

Dengan perolehan hasil tersebut, sesuai prediksi tim panahan sebelumnya. “Sesuai target kita, buat persiapan sudah bagus dan sudah prediksi, meski nilainya turun sedikit,” imbuhnya.

Ia memaparkan, dengan hasil awalnya ini, harapannya bisa meraih 10 medali emas yang ditargetkan oleh KONI Surabaya. “Target panahan dari KONI untuk panahan 10 medali emas. Tapi, masih ada kans lebih dari nomor kompon dan nasional. Insyallah bisa melebihi target,” papar Huda optimis.

Pihaknya menilai, untuk persiapan atlet panahan Surabaya dalam menghadapi Porprov VII di Bondowoso ini, sudah dipersiapkan dengan baik. “Untuk Putri Karina memang menjadi andalan tim, karena stabil saat menjalani latihan dan perolehan skor,” pungkas Huda.

Baca Juga  Ketua Umum KONI Pusat Marciano Puji Fasilitas Sport Science di KONI Jawa Timur

Sedianya, akan dilakukan upacara penghargaan pemenang (UPP) untuk menyerahkan medali dan cinderamata, namun ditunda karena hujan deras mengguyur lokasi pertandingan. (har)

Daftar perolehan medali cabor panahan: 

  1. Surabaya 3 0 2
  2. Kab. Pasuruan 2 2 1
  3. Kota Blitar 1 1 1
  4. Kab. Blitar 1 0 2
  5. Kab. Sidoarjo 0 3 0
  6. Kota Madiun 0 1 0
  7. Kab. Kediri 0 0 1 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.