Fun Family Outbound SD Al Muslim Jatim Sidoarjo

Penulis: Nur Aida/Guru SD

KREATIF: Kegiatan outbound virtual, Sabtu (9/10/2021) SD Al Muslim Jatim, Jl Wadung Asri, Waru, Sidoarjo. (Dok ISTIMEWA)

Klik9.com – Banyak pertanyaan penasaran dari siswa kelas 1 SD Al Muslim saat mendapat berita akan diadakan outbound secara virtual. Mereka melontarkan pertanyaan yang beragam terkait outbound virtual dan tidak sabar untuk segera hari Sabtu. “Ustazah, kita nanti main game apa saja? Baju yang dipakai baju olahraga ya? Nanti kita menyiapkan apa saja Ustazah?” tanya salah satu siswa.

Yaa.. hari ini Sabtu, 9 Oktober 2021 siswa kelas 1 SD Al Muslim mengikuti kegiatan virtual outbound yang bertajuk “Fun Family with Edelweiss Outbound” mulai pukul 08.00 – 10.00. Sesuai dengan tema tersebut, kegiatan virtual outbound diikuti siswa dan orang tua dipandu oleh trainer outbound dari Edelweiss. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas, kerjasama, dan kekompakan antara siswa dan orang tua serta dengan tim. Tidak hanya itu, harapannya dengan adanya kegiatan ini kedekatan antara siswa dan orang tua akan semakin erat dan sesama teman akan lebih dekat. Mengingat selama ini para siswa belum bertemu teman sekelas dalam satu waktu. 

Baca Juga  KB-TK Al Muslim Rayakan HUT Kemerdekaan ke-75 RI

Antusias para siswa sudah terlihat saat memasuki zoom dengan wajah yang ceria dengan didampingi orang tua. Acara pembukaan berjalan dengan lancar dan khidmat, kemudian berlanjut ke acara inti yaitu Outbound. Siswa kelas 1 dibagi menjadi 8 kelompok dengan pendamping di masing-masing kelompok. Setiap kelompok menyiapkan yel-yel untuk menambah semangat selama kegiatan.

Keseruan acara berlanjut saat masing-masing kelompok masuk ke breakout room untuk memainkan games yang disediakan dengan kelompok lawan. Ada 4 games yang dimainkan di antaranya; scavenger hunt, break the code, semar misteri, dan jigsaw puzzle dengan fasilitator pada masing-masing game. 

Baca Juga  14 Sekolah Sukses Lolos Adiwiyata Kota Surabaya 2020

Game pertama scavenger hunt, di mana kelompok berkompetisi untuk menemukan benda yang diminta oleh fasilitator kemudian ditunjukkan ke kamera. Dengan penuh kesigapan orang tua dan siswa langsung mencari benda yang diminta. Dilanjut game kedua (break the code) para peserta diminta untuk memecahkan kode yang muncul di layer dengan panduan fasilitator.

Nah.. di game yang satu ini, para siswa dan orang tua antar kelompok beradu cepat dan tepat menjawab pertanyaan yang diajukan melalui chat box. Game ini dinamakan semar misteri karena dilengkapi pertanyaan yang penuh dengan misteri. Jigsaw puzzle adalah game terakhir, di mana setiap kelompok dengan bekerjasama menyusun potongan puzzle menjadi satu kesatuan yang utuh.Semangat para siswa dan orang tua tetap berkobar sampai akhir acara. Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman yang berkesan dan menambah wawasan serta meningkatkan nilai leadership utamanya aspek komunikasi dan kerjasama dari siswa kelas 1 SD Al Muslim. (ads)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *