Awali MPLS, Siswa Kelas 1 SD Al Muslim Tuliskan Cita-cita pada Bintang Harapan

MPLS SD: Siswa-siswi kelas 1 SD Al Muslim Sidoarjo, Selasa (12/7/2022) pagi menuliskan cita-cita mereka pada kertas bintang harapan. (KS/IST)

Klik9.com – SD Al Muslim memulai kembali masuk sekolah perdana usai libur semester genap, Selasa (12/7/2022). Di tahun ajaran baru 2022/2023 dengan aturan normal ini, SD Al Muslim mengadakan upacara penyambutan seluruh siswa, sekaligus masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi siswa kelas 1, mengambil tema “We are Superstars, We are Ready to Shine!”.

Upacara penyambutan siswa baru diikuti oleh seluruh siswa mulai kelas 1-6, ustaz-ustazah SD, juga ustaz-ustazah dari tim tilawati. Semua siswa terlihat bersemangat untuk menjalani kembali belajar di sekolah. Seperti yang disampaikan oleh Ustazah Anna Sulisetiawati MPd, selaku Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum.

Baca Juga  Isra’ Mi’raj Nabi Muhamad SAW, KB-TK Al Muslim Tanamkan Kebiasaan Salat sejak Dini

“Selamat bergabung di kampus SD Al Muslim, untuk semua calon-calon pemimpin, semoga dengan mengenakan topi secara simbolis, sebagai identitas siswa baru, dapat memotivasi keinginan, cita-cita, harapan dimulai dari sejak dini, ditandai pelepasan burung merpati sebagai simbol merdeka belajar yang melambung tinggi untuk meraih cita-cita,” terang Ustazah Anna.

Berikutnya, seluruh siswa menyimak penjelasan selama masa MPLS yang dimulai hari ini hingga, Jumat (15/7), dengan tujuan mengenal lebih dekat sekolah yang akan ditempati, serta mengenal lebih dekat dengan teman dan ustazahnya.

Mereka diberikan motivasi tentang cita-cita dan harapan, agar kelak lebih bersemangat, siap bersinar menyongsong tahun ajaran baru, juga beradaptasi dari kegiatan belajar online ke offline (full day) sesuai tema MPLS di atas.

Baca Juga  Yayasan Al Muslim Ajak Senam SKJ Menuju Indonesia Sehat

Usai upacara penyambutan, siswa kelas 2-6 kembali ke kelas masing-masing didampingi ustaz dan ustazah untuk melanjutkan kegiatan diawal tahun ajaran baru, dengan perkenalan guru baru dan teman baru. Sedangkan untuk siswa kelas 1, dilanjutkan kegiatan menuliskan bintang harapan.

Dalam menulis harapan, disiapkan kartu bintang yang digantung, dimana para siswa secara bergantian meraih bintang dan menuliskan harapan mereka. Setelah itu mereka menempel di pohon cita-cita yang sudah disediakan.

Dari kegiatan ini siswa belajar untuk tertib dan disiplin ketika mengikuti kegiatan. Para siswa mengungkapkan harapan mereka dan alasannya. Hal ini sesuai dengan yang selalu diajarkan di SD Al Muslim tentang aspek leadership sebagai bagian dari kurikulum unggulan, yaitu berkomunikasi.

Baca Juga  Soal Pembelajaran Tatap Muka, Pemkot Surabaya Masih Tunggu Perkembangan Covid-19

“Semoga dalam masa pengenalan lingkungan sekolah, siswa SD Al Muslim bisa mengikuti dengan baik segala rangkaian kegiatan yang diadakan, dari mempelajari adab belajar, menuliskan pengalaman mereka di hari pertama masuk sekolah menggunakan Bahasa Inggris dengan judul “My First Day at School”, cara mencuci tangan dan piring, adab berpakaian, toilet training, belajar wudu dan sholat serta belajar membaca menulis, yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari menjadi generasi yang rahmatan lil alamin,” pungkas Ustazah Anna. (msl/ida/har)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.