Kalahkan HBS 0-1, Unika FC Raih Tiket Semifinal Jimbaran Wetan Cup I U-14 2021

Klik9.com – Unika FC meraih tiket semifinal terakhir setelah menang 1-0 atas HBS Surabaya pada perempatfinal Jimbaran Wetan Ramadan Cup I U-14 2021 di Lapangan Jimbaran Wetan, Wonoayu, Sidoarjo, Minggu (25/4) sore. Gol semata wayang Bledug Ijo dicetak oleh Achmad Raffi.

Mengawali 15 menit babak pertama, Unika coba menggebrak. Kickoff Ari Sandi disodorkan ke belakang, langsung disambar Fahrel Nova dengan tembakan jarak jauh. Sayang masih di atas mistar kiper HBS, Dafi.

Tak berselang lama, Fahrel kembali mendapatkan peluang dari set piece. Lagi-lagi, tembakannya jauh dari bidang sasaran. Lapangan yang pendek, memungkinkan Kapten Unika ini melepaskan tendangan LDR nya.

Absennya Roben Asoka, membuat lini tengah Unika sedikit kehilangan daya gedor. Pasalnya, kombinasi Maulana Zukhruf dan Fahrel yang ditopang Maghaly kurang berkembang.

Bahkan, Maulana yang pada laga sebelumnya, terlihat dominan menjadi penyerang kanan, saat digeser ke tengah, bermain kurang optimal. Sementara posisinya ditempati Nabil Loverino.

Sementara itu, HBS menerapkan permainan pressing ketat, mengunci setiap lini serangan Unika. Nabil di kanan, dan Ari Sandi di kiri. Hasilnya, mereka mampu menahan imbang 0-0 hingga turun minum.

Baca Juga  Juara Turnamen Jimbaran U-14, Rising Star Darrel Reswaranto Kemampuannya Bertambah Satu sebagai Bek Kanan

Namun demikian, tenaga HBS cukup terkuras, sudah melakukan tiga kali pergantian pemain hingga menit 18, atau tiga menit di awal babak kedua. Sedangkan Unika baru memasukkan tenaga baru pada menit ke-20.

Dengan jeli, Coach Oetoyo melakukan perubahan taktik. Yang pertama, memasukkan Javier menggantikan Maulana. Kemudian, menarik kiper Alfindo Dihan yang mulai kehilangan konsentrasi, digantikan M Rafid.

Bermula dari sepak pojok HBS, bola lambung mampu dihalau Fahrel, lalu didorong ke kiri kepada Ari Sandi. Sejenak tampak bingung, Sandi kemudian menggiring bola dengan kecepatannya, mengikuti teriakan pelatih.

Sesampainya di ujung, Sandi mengirim bola datar terukur ke kotak 16, dimana Raffi telah berdiri bebas. Dengan tenangnya, pemain bernomor punggung 13 ini mampu mengecoh tiga pemain sekaligus, termasuk penjaga gawang HBS, sebelum akhirnya menceploskan bola menit 26.

Unggul, menit 28, Oetoyo kembali melakukan pergantian. Kali ini, Darrel Reswaranto masuk, menarik keluar M Jefri di posisi bek kanan. Tak kalah efektif, permainan keras Darrel, membuat sisi kanan hidup, setelah sebelumnya serangan Unika selalu dari bek kiri, posisi Fahri.

Baca Juga  Ini Kunci Sukses Turnamen Kedanyang Cup II 2020 Gresik di Tengah Pandemi Covid19

Menit 33, HBS hampir menyamakan kedudukan. Sebuah tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Unika, gagal diantisipasi bek Farel ‘Ramos’. Bola liar, disambar penyerang lawan yang hanya beberapa meter dari gawang. Beruntung, reflek tepisan Rafid kali ini luar biasa.

Menit 34, Oetoyo lagi-lagi melakukan perombakan komposisi pemainnya. Damien ‘Mbah’ masuk menggantikan Nabil, dan Bintang menggantikan Sandi. Lalu, Raffi digeser ke salah satu posisi terbaiknya, yakni gelandang serang.

Perubahan tersebut cukup ampuh. Mbah yang baru saja masuk lapangan, dikejutkan peluang emas bertabur berlian yang tiba-tiba tersaji di depannya.

Awalnya, HBS hendak melancarkan serangan balik, namun Raffi berhasil mencuri bola di tengah, dan sedikit gocekan, mengirim bola ke kiri, ada Javier yang naik, tanpa kontrol meneruskan ke kanan, ada Mbah. Tetapi karena terburu-buru, tendangan Mbah melebar.

Tepat menit 35, Wasit Fahmi asal Askab Sidoarjo meniup peluit panjang, skor tak berubah. Perlu diketahui, pertandingan berlangsung dalam 35 menit kotor, yakni saat jedah babak pertama, tetap waktu berjalan.

Baca Juga  Unika Bajol Ijo U-15 Optimis Awali Laga BLiSPI Pagi Ini

Dengan hasil itu, Unika menjadi peserta keempat yang maju ke semifinal, menyusul Tunas Jaya Tulangan yang baru saja menang 3-0 atas Simo Girang. Sedangkan, sehari sebelumnya, Surabaya Bersatu 2-3 Almos Bola Gajah, dan TJ Spande 2-0 CSA.

Di semifinal, Unika akan kembali bertemu dengan Tunas Jaya Tulangan, Kamis (29/4) sore, yang pada pertemuan pertama di penyisihan grup dikalahkan 1-2 Aditya Surya dkk.

“Anak-anak main grogi dan meremehkan lawan HBS tadi. Tidak adanya Roben, kita kehilangan variasi serangan di tengah. Semoga di semifinal dia sudah bisa dimainkan,” jelas Oetoyo usai pertandingan.

Roben sendiri mengalami luka robek di kakinya, sehingga harus menerima jahitan. Luka didapat saat melakoni laga penyisihan grup lawan Tunas Jaya Tulangan. (han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *