Wagub Emil Motivasi Peserta Wisuda Tilawati Ke-25 Sekolah Al Muslim Secara Virtual

Wagub Emil Elestianto Dardak Saat Memberikan Sambutan Lewat Potongan Video, Sabtu (14/11/2020) Pagi. (BM/IST)

SIDOARJO (BM) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak turut hadir memberikan motivasi secara virtual pada saat Wisuda Tilawati Ke-25 Yayasan Al Muslim Jawa Timur di Raya Wadung Asri, Waru, Sidoarjo, Sabtu (14/11/2020) pagi. Wagub Emil menyampaikan pesan dalam potongan video sambutan.

Dalam sambutannya, Wagub Emil mengatakan bahwa program ini sangat penting untuk pengembangan karakter masyarakat Jawa Timur. “Kami berharap Jawa Timur mampu mewujudkan masyarakat yang maju dan berakhlak, berkarakter sehingga dapat berjalan di jalur yang diberkahi oleh Allah SWT,” ucapnya.

Selain Wakil Gubernur Jawa Timur, wisuda tilawati juga dihadiri secara langsung Direktur Tilawati Pusat H Umar Zaini MPd. Pria yang juga pendiri metode tilawati ini mengaku senang kepada Yayasan Al Muslim karena telah menjadikan metode tilawati sebagai program unggulan, yang membedakan visi misi Sekolah Al Muslim dengan sekolah lainnya.

Baca Juga  Amir Minta Hentikan Wacana Lanjutkan Kompetisi 2020

“Wisuda bukanlah akhir dari segalanya. Kami harap wisudawan-wisudawati terus meningkatkan kualitas baca tulis Al Qur’an, serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercapai visi misi Al Muslim mencetak generasi pemimpin Qur’ani yang rahmatan lil alamin. Aamiin yaa robbal alamiin,” imbaunya.

Diketahui bahwa wisuda tilawati ini merupakan salah satu program kegiatan Yayasan Al Muslim Jawa Timur sebagai bentuk capaian siswa-siswi dalam membaca, menerjemahkan, dan menghafal Al Qur’an. Namun kali ini dilaksanakan secara virtual mengingat masih pandemi Covid-19.

Baca Juga  Gencar Lakukan Tes Swab, Dari 393 Guru Positif Kini Tersisa Empat Orang dalam Perawatan

Sebelumnya wisuda tilawati dilaksanakan secara di lokasi. Wisuda tilawati ke-25 ini diikuti oleh 167 wisudawan/wisudawati baik dari jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA.

Wisuda tilawati sendiri dilaksanakan sebanyak dua kali dalam setahun, atau setiap semester tahun ajaran. Dan tahun ini diikuti oleh 167 wisudawan-wisudawati mulai tingkat SD, SMP hingga SMA.

Terdapat tiga jenjang kelulusan, yakni jenjang Al Qur’an yang dinyatakan lulus membaca Al Qur’an secara baik dan benar. Kemudian jenjang Tarjamah Lafdhiyah yang dinyatakan lulus apabila mampuLjmenerjemahkan ayat satu-persatu sesuai kata dan kalimat. Dan jenjang Tahfidz yang dinyatakan lulus ketika siswa mampu menghafal Al Qur’an dalam beberapa juz.

Baca Juga  Debut Manis di Jimbaran Wetan Ramadhan Cup I U-14, Unika FC Menang 2-0

Ketiga jenjang tersebut dicapai setelah siswa mengikuti seleksi dan munaqosyah (ujian) yang dilakukan oleh Tilawati Al Muslim dan Koordinator Cabang Tilawati Kabupaten Sidoarjo.

Selain prosesi wisuda, kegiatan juga diadakan presentasi terbuka, dimana sebelum pandemi mereka diuji di atas pentas lewat pertanyaan secara acak dari audience yang hadir . Namun kali ini dilaksanakan secara virtual hasil pertanyaan guru tilawati. (*/run)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *