Tangkap Pelaku, Polres Batu Berhasil Selamatkan Ribuan Orang Dari Bahaya Narkoba

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo SIK MH Jumpa Pers Di Halaman Mapolres. (FOTO:HARUN) 

KLIK9.COM, BATU – Satuan Reserse Narkotika dan Obat Terlarang (Satreskoba) Kepolisian Resort (Polres) Kota Batu berhasil mengungkap 13 kasus transaksi narkoba dalam kurun dua bulan terakhir ini. Kabar itu diketahui dalam jumpa pers di Mapolres Kota Batu, Kamis (3/12/2020) siang. Delapan tersangka yang ditangkap berstatus pemakai. Sedangkan lima sisanya adalah pengedar.

Sesaat setelah jumpa pers, Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo SIK MH mengatakan bahwa ketiga belas pelaku yang berhasil diringkus ini merupakan hasil dari pengungkapan 12 Laporan Polisi Model A (LPA). “Yang pasti ini mengungkap 12 laporan ke polisi, LPA yang pasti,” katanya saat doorstop.

Baca Juga  Apresiasi Kinerja di Tengah Pendemi, Sejumlah OPD Raih Penghargaan Pemkot Batu

Barang bukti yang berhasil diamankan, yakni daun ganja seberat 2,72 ons, sabu-sabu 15,7 gram dan 11.000 pil dobel L. “Polres Batu telah berhasil menyelamatkan 3.000 orang lebih yang terpapar narkoba,” timpalnya.

Lanjut AKBP Catur, sapaannya, nilai dari barang haram yang berhasil dikumpulkan tersebut ditaksir sekitar Rp40 juta. “Dari sejumlah pelaku yang ditangkap, dua di antaranya merupakan residivis pengedar ganja berinisial YS (22) dan W (23) yang sudah beberapa kali ditangkap,” terangnya.

Untuk modus pelaku masih sama, sambung AKBP Catur, karena ada permintaan maka akan disuplai oleh pengedar. “Jaringan narkoba akan tertutup, tidak akan terbuka di masyarakat. Nah, inilah hasil pengungkapan kita,” pungkasnya. 

Baca Juga  Diskominfo Minta Media Bantu Dorong Produktivitas Masyarakat Kota Batu

Sementara itu, para pelaku akan dijerat menggunakan Pasal 114 Ayat 2 subsider Pasal 112 Ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman di atas 10 tahun penjara. (han)

 120 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *