Optimalkan Layanan Masyarakat, Pandanrejo Luncurkan Desa Digital Pertama di Kota Batu

TEKNOLOGI: Acara peluncuran Desa Digital Pandanrejo, Jumat (21/6/2021) di Balai Desa Pandanrejo, Bumiaji, Batu. | ISTIMEWA

Klik9.Com – Among Tani Kemilau (ATK) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Batu me-launching desa digital pertama di Kota Batu, yakni Desa Digital Pandanrejo, Jumat (11/6/2021) malam di Balai Desa Pandanrejo, Bumiaji, Batu.

Pasalnya, saat ini masyarakat pada era digital, yang mana aspek kehidupan tidak lepas dari pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi.

Oleh karena itu, masyarakat semakin mudah mengakses informasi melalui berbagai platform teknologi digital, yang menawarkan inovasi fitur dengan media komunikasi yang kian interaktif.

Baca Juga  Hartono Gondol Berharap Askot Gelar Kompetisi Senior

Melalui Aplikasi Batu Tracking (BT) 18 Layanan Admin Batu, ATK menyediakan platform dengan berbagai aplikasi yang berfungsi untuk mengoplimalkan pelayanan masyarakat di desa.

Direktur ATK Jauhari mengatakan, dengan adanya aplikasi ini, masyarakat bisa menikmati tranformasi digital dan kemudahan pelayanan. “Layanan yang dikhususkan adalah untuk pelayanan desa, mulai dari yang sehari-hari, seperti surat dan administrasi dengan kondisi saat ini, awalnya orangnya yang berjalan, sekarang berkasnya yang berjalan,” katanya.

Dengan adanya aplikasi ini, proses layanan kepada masyarakat bisa semakin mudah, cepat dan murah. “Biasanya kita manual, dengan bantuan teknologi ini, meskipun perangkatnya tidak ada di tempat, warga tetap bisa terlayani kapanpun, imbuh Jauhari.

Baca Juga  Panasi Mesin, SFC Juara 1 Trofeo di Menanggal Hasil Penampilan Gemilang Penjaga Gawang Felix

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Batu, Onny Ardianto mengatakan, ke depan harapannya, aplikasi ini bisa disinergikan dengan aplikasi milik pemerintah daerah.

“Desa digital ini banyak konsep yang bisa dikembangkan, ke depannya, aplikasi ini bisa bersinergi dengan aplikasi smart city, Among Warga, sehingga semua proses administrasi nantinya bisa terpantau hanya melalui hp,” ucapnya. (red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.